Guru !!! Ingatlah

Zakiyah Darajat mengungkapkan bahwa:
Seseorang yang pada waktu kecilnya tidak pernah mendapatkan didikan agama, maka pada waktu dewasanya nanti, ia tidak akan merasakan pentingnya agama dalam hidupnya

pernyataan ini sangat sederhana tetapi memiliki dasar filosofi yang sangat kuat. Bagaimana mungkin seseorang pada saat dewasanya akan menjalankan agama dalam kehidupannya jika masa kecilnya tak pernah berkenalan dengan aturan-aturan, anjuran-anjuran dan kewajiban agama. Lalu kemudian agama menjadi hal yang tidak penting dalam kehidupannya.

Dapat dibayangkan, bagaiana manusia dapat mempertahankan eksistensi kemanusiaannya jika dalam kehidupannya tidak ada agama besertanya. Tingkah laku yang tidak dikontrol oleh aturan agama, berbicara, berpikir, bertindak tanpa kontrol agama. Sungguh akan menjadi pemandangan yang akan memiriskan hati.

hematku, bahwa cerminan manusia kedepan akan menjadi tanggung jawab guru, yang dari kecil telah memberikan pengajaran dan pendidikan pada anak-anak bangsa kita. Marilah para guru dengan niat ikhlas mencekoki akal pikiran anak didik kita dengan pengetahuan tanpa melupakan dimensi pengembangan keagamaan sebagai potensi alamiah (kodrat) anak didik kita agar dapat berkembang secara optimal.

Harapan besar berada di pundak para guru, yang dalam interaksi edukatif yang dibangun bersama siswa dapat mengintegrasikan pemahaman keagamaan sebagai bahagian integral dari pembelajaran.

Selamat mengajar.......

0 comments:

Posting Komentar