Manfaat PTK bagi Guru

Salah satu kompotensi dasar yang harus dimiliki oleh guru profesional adalah kemampuan guru untuk membuat dan melaksanakan penelitian Ilmiah. Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru dan Dosen Dalam Jabatan, komponen portofolio meliputi: 1. kualifikasi akademik, 2. pendidikan dan pelatihan, 3. pengalaman mengajar, 4. perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, 5. penilaian dari atasan dan pengawas, 6. prestasi akademik, 7. karya pengembangan profesi, 8. keikutsertaan dalam forum ilmiah, 9. pengalaman organisasi di bidang kependidikan dan sosial, dan 10. penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan. Klik disini Baca Permen Lengkap

Karya pengembangan profesi pada point 7 yaitu suatu karya yang menunjukkan adanya upaya dan hasil pengembangan profesi yang dilakukan oleh guru. Komponen ini meliputi:

  • buku yang dipublikasikan pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, atau nasional;
  • artikel yang dimuat dalam media jurnal/majalah/buletin yang tidak terakreditasi, terakreditasi, dan internasional;
  • menjadi reviewer buku,
  • penulis soal EBTANAS/UN; modul/buku cetak lokal (kabupaten/kota) yang minimal mencakup materi pembelajaran selama 1 (satu) semester;
  • media/alat pembelajaran dalam bidangnya;
  • laporan penelitian tindakan kelas (individu/kelompok); dan
  • karya seni (patung, rupa, tari, lukis, sastra, dll).
Oleh karena itu, maka perlu dimotivasi teman-teman untuk melakukan penelitian dalam bentuk penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang selanjutnya dibuatkan laporan Ilmiah untuk diterbitkan pada Jurnal Ilmuah Pendidikan.

Selain Peraturan Menteri, banyak manfaat lain yang dapat diperoleh guru dalam penulisan ilmiah di antaranya adalah:
  • Membantu guru memperbaiki pembelajaran
  • Membantu guru berkembang secara profesional, meningkatkan rasa percaya diri dan dapat secara aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan guru dengan melakukan penelitian di dalam kelas untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapi melalui penelitian Tindakan Kelas. Laporan penelitian tersbut dapat dimuat pada Jurnal Ilmiah adar dapat menjadi informasi ilmiah bagi guru yang lain.

Mengingat manfaat baik bagi institusi pendidikian, user pendidikan, dan bahkan masyarakat, terlebih kepada guru, maka menjadi penting bagi guru untuk melakukan penelitian dan membuat laporan penelitian baik dalam bentuk artikel yang dimuat dalam media jurnal/majalah/buletin yang tidak terakreditasi, terakreditasi, dan internasional;

Semoga bermanfaat.

0 comments:

Posting Komentar