Menerbitkan Buku Gampang?

Bagaimana menerbitkan buku? Susahkah menulis buku? Bagaimana menerbitkannya? dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seputar penerbitan buku karya sendiri. Ada baiknya melalui blog ini saya kemukakan pengalaman pribadi kami. Memang kami belumlah menjadi seorang penulis buku yang memiliki buku yang masuk dalam daftar Best Seller, tetapi bijak rasanya untuk membagi pengalaman dengan teman-teman pemula. Hal ini dimaksudkan agar muncul lagi penulis-penulis handal yang tidak hanya tulisannya dinikmati oleh segelintir orang akan tetapi dapatdibaca oleh semua orang.

Dalam menulis buku tentu hal pertama yang dilakukan adalah dengan memilih satu tema atau topik besar yang akan diangkat dalam tulisan kita. Setelah itu nanti akan dipecah dan diklasifikasikan berdasarkan tema-tema yang mendukung tema besar kita. Setelah itu, semua tulisan-tulisan yang pernah kita buat dapat dikumpulkan berdasarkan klasifikasi yang kita buat. Nah ..!! Draftnya sudah jadi kan?. Tinggal mengedit bahasa dan tata letak tulisan (biasanya ini diserahkan pada Editor Buku yang memang profesional).

Selanjutnya naskah atau draft buku diserahkan deh kepada percetakan atau penerbit. Di samping itu kita mengurus ISBN di LIPI. Langkah terakhir adalah menunggu hasil Cetakan dari percetakan. hampir ketinggalan tentang Bentuk kerjasama dengan Penerbit alias Royalti...(klo saya sih Royalti belakangan) biasanya ditawarkan oleh Penerbit beberapa Opsi, tinggal kita yang memilih. OK.

Sebagai contoh anda dapat melihat di sini.

Selamat mencoba.

0 comments:

Posting Komentar