Kebijakan dalam Pembangunan Berwawasan Lingkungan

A. Kebijaksanaan Pengelolaan Lingkungan

Masyarakat Indonesia secara umum masih dapat dikategorikan lebih akrab dengan lingkungan alamnya dari pada dengan lingkungan tekhnologi (Sorjani, 1987). Kondisi alam masih sangat dominan mempengaruhi kehiduan masyarakat dari pada upaya tekhnologi. Perkembangan tekhnologi dalam pengelolaan sumber daya alam harus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya  beagi kesejahteraan rakyat dengan tetap memperrhatikan tingkat kelwsstarian lingkungan, sehingga dapat dimanfaatkan untuk generasi berikutnya.

Penggunaan tekhnologi  dalam uapya pemanfaatan sumber daya alam harulah seksama dan tepat sehingga mutu dan kelestarian  auber daya alam dan lingkungan hidup dapat dipertahankan  untuk menunjang pembangunan yang berkesinambungan.

Dalam pengelolaan lingkungan hidup agar dapat memberikan jaminan terhadap pelestarian dan keseimbangan maka untuk menumbuhkan kemampuan  dalam menangani lingkungan hidup tersebut dimulai dengan membentuk pusat-pusat  study lingkungan hidup, biro kependudukan dan lingkungan hidup. (Rozy Munir, 1987).

Usaha untuk mengembangkan lingkungan hidup, jelas tidak dapat dipisahkan dari proses pembagunan. Hal tersebut dapat dicapai jika  pola kebijkasanana pembangunan tercakup tiga unsur  pokok yaitu pertama kebijaksanaan pembangunan untuk mencapai pertumbuhan material yang meningkat, ketiga

B. Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pembahasan tentang pembangunan berwawasan lingkungan hidup pada awalnya adalah merupakan suatu study  pengantar pada diskusi  Kursus Analisis Dampak Lingkungan, Pada pusat study Lingkungan Universitas Pdjdjaran bandung pada tanggal 4 September 1982 (Emil, S, 1987). Maksud uraian terebut adalah  memberikan pemahaman tentang  kebijkasanaan, strategi, sistem  pengelolaan lingkungan hidup dengan harapan dapat menghasilkan rumusan dalam rangka penigkatan pengelolaan lingkungan hidup dengan tetap menja\ga keseimbangan  alam lingkungan dalam menunjang pembangunan berwawasan lingkungan.

Dalam pembahasan tentang  pembangunan yang berwawasan lingkungan ada dua aspek penting  yang menjadi perhatian utama yaitu  lingkungan (ecology) dan pembangunan (development). Dari kedua hal tersebut bermakna bahwa  pembangunan berwawasan lingkungan  adalah pembangunan  yang  baik dari titik pandang ekologi atau lingkungan  (ecologically sound development ). Dapat pula diterjemahkan sebagi konsep pembangunan yang ingin menyelaraskan antara aktivitas  ekonomi dan ketersediaan sumber daya alam (natural resources) (Addinul Yakin, 1997). Sedangkan berwawasan lingkungan berarti  adanya mekanisme yang harmonis  dalam hubungan manusia dengan alam.  Dalam konsep pembangunan berwawasan lingkungan  apek keharmonisan dan berkelanjutan  harus sejalan dan terpadu secara utuh  dan menjadi pertimbangan mutlak dalam menentukan kebijksanaan pembangunan.

0 comments:

Posting Komentar