Madrasah Resouces Center

Madrsah REsources Center Dalam era global ini, setiap insan akademik dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan informasi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, masing-masing individu diharuskan selalu mengadaptasikan  kemampuan dirinya dengan perkembangan yang ada. Proses itu tidak selalu dapat dipenuhi dengan belajar yang secara formal dijalani oleh masing-masing individu. Dalam banyak segi, peningkatan kualitas diri harus dilaksanakan secara mandiri. Salah satu pengembangan kemampuan yang sangat diperlukan dalan dunia akademik adalah peningkatan kemampuan berbahasa asing.
Untuk mengakomodasi kebutuhan belajar secara individu dan mandiri tersebut, sudah selayaknya Warga Sekolah dan Masyarakat di lingkungan Madrasah diberikan prioritas untuk mendapat fasilitas Madrsah REsources Center yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pengembangannya. Dalam konteks inilah Madrasah merealisasikan komitmennya untuk membantu mewujudkan tujuan pengembangan kemampuan akademik siswa dengan menyediakan unit penunjang yang didesain untuk memenuhi desakan kebutuhan pembelajaran mandiri, Madrasah Resources Center.
Madrasah Resources Center (MRC) adalah salah satu Unit Penunjang Akademik yang ada Madrasah yang berada di bawah naungan Unit Perpustakaan. Unit ini didirikan pada tahun 2010 dengan dasar kenyataan bahwa autonomous learners (pembelajar mandiri) merupakan tuntutan di era global ini. Paradigma baru learner centered menempatkan seorang guru bukan sebagai informasi tunggal bagi pembelajar, namun guru adalah fasilitator yang akan memberdayakan potensi-potensi pembelajar agar memiliki kemampuan menjadikan lingkungan di sekitarnya sebagai sarana belajar. MRC akan memfasilitasi usaha tersebut dan membantu seluruh warga sekolah untuk meningkatkan kemampuan akademik utamanya yang menyangkut kebahasaan secara mandiri.
MRC mengemban tanggung jawab pengembangan akademik: 
(a)  Menunjang pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi,
(b) Menunjang guru dalam menyediakan materi, metodologi, dan lembar kerja,
(c) Menyediakan konselor bahasa Arab dan Inggris,
(d) Menyediakan literatur bagi semua kelas dalam bentuk CD, VCD, dan kaset,
(e) Menyediakan fasilitas bagi remediasi siswa,
(f)  Menunjang kegiatan follow-up program intensif bahasa Arab dan Inggris.
(g) Menunjang pengembangan strategi belajar mandiri siswa. 
Sentra pembelajaran mandiri ini menitik-beratkan pada peningkatan kemampuan berbahasa, baik secara reseptif maupun produktif, yang ditunjang oleh fasilitas multimedia baik elektronik maupun non-elektronik prioritas awalnya. Untuk jangka panjang, pengembangan sarana belajar madiri akan disediakan sehingga learning community yang sehat dapat direalisasikan. Untuk memperdalam kompetensi berbahasa, warga sekolah dapat mengakses koleksi CD, kaset, video, program komputer, dll. Selain media yang tersedia, Madrsah REsources Center juga melayani kesulitan yang dihadapi dalam proses pembelajaran melalui jasa konsultan bahasa Arab, Inggris dan Indonesia.       
Saat ini Madrsah REsources Center berupaya terus menerus untuk mengedepankan pengembangan unit ini melalui perbaikan dan penambahan fasilitas Madrsah REsources Center , merencakana untuk peningkatan kuantitas dan kualitas kegiatan, seperti melengkapi software pendukung, bedah buku, workshop, dan program apresiasi film dwi mingguan disamping memberikan pelayanan harian bagi para penggunanya. Selain berperan secara integratif dengan perpustakaan Madrasah, Madrsah REsources Center juga berupaya menjajagi kerjasama dengan lembaga lain yang relevan, agar dapat memberi yang terbaik proses pembelajaran dan pengembangan diri warga sekolah (Siswa, Guru dan Staf).

0 comments:

Posting Komentar