Pendidikan Islam dalam Keluarga

Sebagaimana di ketahui bahwa pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau kelompok tertentu dalam masyarakat tapi, pendidikan adalah merupakan tanggung jawab bersama baik orang tua, guru dan seluruh komponen masyarakat. Dalam keluarga  sebagai komponen kelompok primer yang terdiri dari sejumlah kecil orang yang memiliki hubungan tertentu memiliki ikatan emosional khususnya dalam mendidik dan membina anggota keluarga.

Karena ikatan emosional tersebut sehingga keluarga dapat menjadi lembaga yang memegang peranan penting dalam proses sosialisasi anak, dimana dalam suatu keluarga  anak akan memperoleh pelajaran dan pendidikan melalui contoh dan tauladan yang diberikan oleh orang tua semenjak seseorang masih anak-anak sampai menginjak dewasa.

Secara umum pengertian pendidikan keluarga adalah merupakan upaya untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada anak/ anggota keluarga dari ayah dan ibu agar dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam rangka pengembangan pribadi anak. Akan tetapi karena terjadinya perubahan drastis terhadap peran dan fungsi keluarga terkadang menjadikan keluarga berfungsi ganda. Pada umumnya di Indonesia, keluarga menjadi peletak dasar pendidikan yang dilakukan oleh orang tua khususnya ibu. Akan tetapi karena perubahan yang terjadi, dimana ibu rumah tangga telah memiliki pekerjaan menyebabkan tanggung jawab tersebut tidak lagi di dominasi oleh ibu rumah tangga, akan tetapi juga oleh kepala rumah tangga.

Keluarga di Indonesia, menurut Umar Tirtaraharja terdiri dari “keluarga yang diperluas yang terdiri dari ayah, ibu, nenek, dan adik ipar, pembantu dan lain-lain“ pada awalnya ibu berpengaruh kuat terhadap pendidikan anak-anaknya,. Akan tetapi sekarang telah mengalami perubahan dimana tanggung jawab tersebut menjadi tanggung jawab seluruh angota keluarga. Perkembangan kebutuhan dan aspirasi individu maupun masyarakat menyebabkan peran keluarga terhadap pendidikan anak-anaknya juga telah mengalami perubahan. Untuk itu selain pendidikan diberikan melalui pendidikan keluarga juga diberikan melalui pendidikan formal dan non formal.

Pendidikan dalam keluarga menurut konsep Islam adalah merupakan hal yang sangat penting. Dalam konsepsi Islam pembentukan identitas anak menurut Islam dimulai jauh sebelum anak dilahirkan. Islam memberikan berbagai wadah dan syarat serta ketentuan  yang berkaitan dengan pembentukan keluarga, pendidikan dalam keluarga, pembinaan agama, budi pekerti, akhlakul karimah dan sebagainya.

Darajat (1994)  mengemukakan bahwa; “keluarga adalah merupakan wadah pertama dan utama bagi pertumbuhan dan pengembangan anak” hal tersebut berarti bahwa keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak. Jika dalam suatu keluarga tercipta harmonisasi dan kerukunan maka anak akan tumbuh secara baik dan harmonis pula. Di antara langkah yang dilakukan untuk menciptakan suasana yang baik dalam keluarga adalah dengan menumbuhkan saling percaya, saling cinta, menghormati dan menghargai sesama anggota keluarga. Selain itu menciptakan demokratisasi dan kebebasan mengeluarkan pendapat diantara anggota keluarga.

1 comments:

  1. makasih banyak gan .. artikelnya sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus