Copas yang legal


Copas yang legal atau copy paste, istilah ini muncul bersamaan dengan perkembangan tekhnologi komputer, di mana tedapat kemudahan dalam menduplikasi suatu teks, gambar atau obyek apapun dengan sangat mudah. Duplikasi ini bukan lagi sama tetapi sangat identik sehingga seseorang dapat dengan mudah mengambil, menggunakan dan bahkan melakukan revisi terhadap obyek di copas tersebut untuk kepentingan pribadi. Hal mutlak akan merugikan orang lain secara sepihak dan juga sesungguhnya sangat merugikan pribadi atau orang yang melakukannya

Untuk kepentingan tertentu copas boleh tetapi dengan catatan mencantumkan sumber asli dari yang dicopas itu. Biasanya dalam aturan ilmiah copas itu ada dua macam yaitu copas langsung dan copas tidak langsung. Copas langsung adalah copas dengan tidak merubah teks asli dari sumber baik kata maupun tanda bacanya. Sedangkan copas tidak langsung adalah copas dengan merubah struktur kalimat tetapi tidak mengurangi atau merubah makna sesungguhnya dari kehendak atau ide penulis aslinya. Tetapi kedua model copas itu tetap menjadi hukum wajib untuk mencantumkan nama dan identitas sumber copasnya. Nah inilah yang masuk copas yang dihalalkan.

Copas untuk urusan ini kelihatannya harus menyertakan moralitas dari penulis, jika ingin mencopas tulisan orang lain, karena sangat dekat dengan plagiat. Hukum plagiat sebenarnya tidak perlu dipernincangkan laginkarena jika ditinjau dari aspek moralitas tentu ini menjadi pelanggaran moral tentunya. Karena perlu ada penghargaan dari apa yang menjadi ide seseorang. Meskipun pada tataran tertentu ide tersebut dikembangkan menjadi konsep baru atau teori baru, tetapi tetap harus encantumkan dasardasar teori atau konsep yang mendasarinya.

Sebenarnya untuk penulis profesional, maka aspek yang paling dihindari pastilah copas ilegal. Berbeda dengan penulis pemula yang kadang kehabisan ide sehingga seluruh tulisannya adalah gabungan dari copas yang bersumber dari tempat yang berbeda. Dan kelihatannya penulis di dunia maya harus mengantisipasi copas ilegal ini, karena banyak peluang dan kesempatan yang terbuka lebar untuk melakukannya.

Published with Blogger-droid v2.0.1

6 comments:

Posting Komentar