Pengetahuan atau Kebenaran

Pengetahuan atau Kebenaran
Pengetahuan atau Kebenaran
Pengetahuan atau kebenaran? Pertanyaan ini sedikit nyeleneh bagi sebagian dari otak kiriku. Pengetahuan itu apakah selalu memuat kebenaran ataukan tidak selamanya pengetahuan itu sebuah kebenaran atau mengungkap sebuah kebenaran. jika Pengetahuan itu adalah segala sesuatu yang diketahui dari awal tidak mengetahui adalah sebuah kebenaran. lalu bagaimana jika pengetahuan itu memiliki nilai yang salah. Masihkah pengetahuan itu dapat disebut sebagai pengetahuan yang benar. Ataukan pengetahuan tentang sesuatu yang bernilai salah itu adalah pengetahuan salah atau benar. Jika iyya apakah sesungguhnya kebenaran itu dan apakah sesungguhnya kebalikan dari sebah kebenaran.

Pengetahuan dan kebenaran seperti dua hal yang tidak dapat dibedakan, dimana pengetahuan sesungguhnya adalah merupakan sesuatu yang benar, dalam makna bahwa pengetahuan itu adalah sesuatu yang bersesuaian dengan kondisi yang sebenarnya. Jika demikian pengetahuan itu tak bebas nilai?. Sebagai illustrasi jika dulu seseorang tidak mengetahui bahwa "Si A pencuri" hingga ditemukan data dan fakta yang akurat bahwa Si A benar-benar pencuri. Apakah pengetahuan tentang Si A pencuri adalah pengetahuan yang salah? Karena pengetahuan "Si A Pencuri" adalah sesuatu yang negatif. Ataukah pengetahuan tentang "Si A Pencuri" adalah pengetahuan yang benar?, karena kita telah mengetahui dengan benar bahwa "Si A itu Pencuri". 
Pengetahuan dan kebenaran ataukah pengetahuan dan kebenaran. Masih tanda tanya.

2 comments:

  1. Maaf,.....mampir nulis dikit meskipun tidaklah tepat benar,........bahwa pengetahuan adalah sebuah kebenaran,sederhananya, untuk mengetahui sesuatu dengan benar mesti terlebih dahulu diungkap oleh fakta. jadi menurut saya pengetahuan berbanding lurus dengan keberan......hehehehehe(Maaf Uak kalo saya keliru)

    BalasHapus
  2. hmmm begitu yah!? berarti jika dari tidak tahu "mencuri" menjadi tahu "mencuri" disebut sebagai "pengetahuan mencuri" dan itu adalah benar. Benar tahu mencuri.

    BalasHapus