Kejahatan, Politik dan Google

Pagi dan segelas kopi telah terseruput di salah satu sudut kota bersama terik matahari pagi tanpa hujan. Sajian berita yang telah dikemas apik di koran-koran lokal dan nasional melengkapi sarapan kali ini. Entah disudut mana dari bagian-bagian halam koran ini yang ingin kubaca. "Semuanya sama saja dengan kemaren" pikirku. Berita masih di dominasi oleh berita politik dan kejahatan. Bahkan beberapa sajian beritanya masih juga mengabungkan antara politik, kejahatan an kejahatan politik. Paling tidak itu yang kutangkap dari bebera judul head line koran pagi ini. 

Koran lalu kusisihkan dan kucoba browsing via google.Dari hasil pencarian terhadap empat kata kunci tentang politik, kejahatan, kejahatan politik dan kejahatan politik di Indonesia ditemukan jumlah postingan sebagai berikut:
About Kejahatan politik 5,410,000 results (0.23 seconds)
About Kejahatan 4,720,000 results (0.27 seconds)
About Politik 104,000,000 results (0.20 seconds)
About Kejahatan politik di Indonesia 4,060,000 results (0.25 seconds) 
Sedikit menyeka dahi yang tak berkeringat, menyeruput kopi yang sedikit lebih pahit dari beberapa menit lalu. Kemudian memburu pertanyaan-pertanyaan unik dalam pikiran. Apa makna dari hasil browsing ini. (Berpikir keras). Pada sisi postingan dan penggiat share informasi lewat media internet, sepertinya jumlah orang yang membagi informasi apapun bentuknya dengan menggunakan key word "politik" sangat tinggi dengan jumlah angka 104 juta lebih. Bisa jadi kecederungan orang akan perhatiannya pada politik jauh diatas kebanyakan key word lainnya. Misalnya jika dibandingkan dengan key word "pendidikan" yang hanya mencapai angka About 49,200,000 results (0.25 seconds) atau dengan key word "Agama" hanya 30,900,000 results (0.30 seconds). Apakah fakta google ini menunjukkan bahwa interesting dari masyarakat kita sudah lebih mengedepankan aspek politik sebagai pusat perhatian dibandingka bidang lain seperti penidikan dan agama. Jika menelusur lagi pada keyword lainya seperti "moral"hanya sebanyak 85,700,000 results (0.43 seconds). 

Nafas ngap-ngapan dan ingin rasanya mendeskripsikan lebih jauh tentang banyak hal untuk mencba membandingkan antara bidang lainnya yang terbanyak dan tersedikit disajikan melalui informasi media online. Tapi sepertinya sampel ini (tidak menagnut aturan penarikan sampel seperti seharusnya) sudah memberikan begitu banyak prediksi dan praduga. Pertanyaan semakin banyak dan kekhawatiran tiba tiba muncul. (kopi lupa nehhhh, ini hasil bacaan buku di rumah teman kali itu). Bagaiman tidak dari 5 juta lebih postingan tentang "kejahatan politik" terdapat 4 juta lebih masuk dalam kategori kejahatan politik di Indonesia.

Ah saya tidak paham apa ini benar atau tidak. Tapi yang pasti bisa menjadi acuan sederhanya untuk merubah sesuatu.

Salam

0 comments:

Posting Komentar